BUKA BERSAMA DAN PONDOK RAMADHAN SDN 5 JATIBANTENG

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan keutamaan bagi umat Islam. Ramadan juga momen umat Islam untuk mendapat pahala sebanyak-banyaknya dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pada bulan ini, umat Muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa (saum) dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim. Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari rukun Islam. Bulan Ramadan akan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal, menurut beberapa aturan yang tertulis dalam hadist.

Pada bulan Ramadan sekolah menggelar kegiatan Pondok Ramadan. Pondok Ramadan ini diisi dengan aktivitas seperti tadarus Al-Quran, sholat berjamaah, dan kegiatan keagamaan lainnya. Kegiatan Pondok Ramadan di SDN 5 Jatibanteng dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 25-27 Maret 2024 dan 1 hari untuk berbuka puasa bersama pada tanggal 2 April 2024. Kegiatan pondok Ramadhan SDN 5 Jatibanteng merupakan kegiatan yang melibatkan siswa, guru, dan staf sekolah, dan merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya.

Kegiatan Pondok Ramadhan ini, tidak hanya untuk mengisi waktu kosong sambil menunggu waktu berbuka puasa. Akan tetapi Pondok Ramadhan juga mempunyai tujuan utama yaitu  untuk menanamkan pemahaman untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan sehingga dapat meningkatkan iman dan taqwa serta untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dari hal-hal tersebut, ibadah peserta didik pada bulan Ramadan lebih meningkat. Sebab pada kegiatan Pondok Ramadan yang dilaksanakan secara intensif banyak diisi aktivitas ibadah mulai dari sholat wajib, sholat sunnah, tadarus, hingga mendengarkan tausiah dari Guru PAI Bapak Syamsul Arifin, S.Pd.I.

Selain kegiatan Pondok Ramadhan yang dilaksanakan 3 hari pada pagi hari, terdapat kegiatan tambahan yakni buka puasa bersama. Kegiatan ini dimulai dari pukul 16.00, diawali dengan sambutan dari Kepala SDN 5 Jatibanteng Bapak Niharyadi, S.Pd., pemberian tausiah dari Guru PAI sambil menunggu adzan Maghrib. Tiba adzan Maghrib, seluruh siswa, guru dan staf SDN 5 Jatibanteng membatalkan puasa terlebih dahulu, lalu sholat Maghrib. Lalu terakhir makan menu buka puasa bersama-sama. Dari kegiatan kali ini diharapkan dapat meningkatkan ketaqwaan dan  kebersamaan siswa-siswi, guru serta staf SDN 5 Jatibanteng.