HALAL BIHALAL SDN 5 JATIBANTENG

Setelah melaksanakan ibadah selama 1 bulan penuh pada bulan Ramadhan, hendaklah pada bulan Syawal ini menjadi momen untuk menyempurnakan ibadah dengan saling memaafkan antar sesama, dalam lingkungan sekolah baik antara guru dengan siswa, guru dengan guru, siswa dengan siswa bahkan dengan keluarga besar sekolah lainnya, agar kita semua kembali menjadi fitri (suci). Dalam kesempatan kali ini, SDN 5 Jatibanteng mengadakan kegiatan Halal Bihalal pada hari pertama masuk setelah libur Hari Raya Idul Fitri.

Halal bihalal adalah kegiatan silaturahmi dan saling bermaafan yang melibatkan banyak orang pada suatu tempat. Halal bihalal tidak hanya dilaksanakan di lingkungan rumah, dan kantor, melainkan juga di lingkungan sekolah. Sebab dalam proses pembelajaran dan interaksi di sekolah, tentu tidak luput dari kesalahan yang dilakukan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Momen halal bihalal adalah saat yang tepat untuk dapat meleburkan semua kesalahan untuk kembali pada fitrah manusia.

Tujuan halal bihalal di sekolah tentu tidak berbeda jauh dengan halal bihalal pada umumnya. Tujuan halal bihalal di sekolah bertujuan untuk membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang mudah minta maaf dan memaafkan. Selain itu, Halal bihalal di sekolah akan menumbuhkan sikap toleransi, yaitu sikap saling menghargai dan memberikan kebebasan kepada pemeluk agama lain untuk mengamalkan ajaran agamanya.

Setelah melaksanakan Apel pagi pada hari Kamis (18/04/2024), Kepala SDN 5 Jatibanteng memberikan sambutan dan menyampaikan kepada para siswa dalam suasana hari raya idul fitri ini atas nama bapak dan ibu guru meminta maaf yang sebesar-besarnya apabila selama mendampingi belajar punya salah dan khilaf. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa telah menerima permohonan maaf dari para siswa. Kepala SDN 5 Jatibanteng memberikan pesan kepada seluruh peserta apel tentang tujuan saling memaafkan agar selalu mempererat tali persaudaraan.