Kegiatan Belajar Mengajar SDN 5 Jatibanteng

Proses kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu interaksi yang dilakukan oleh siswa dengan guru mereka dalam melakukan pembelajaran di sekolah. Interaksi yang dilakukan oleh siswa dan guru ini bertujuan agar para siswa mendapatkan ilmu dan informasi tentang apa yang mereka tekuni. Pembelajaran dalam pendidikan formal maupun non formal akan terus terjadi interaksi di mana interaksi yang sangat kompleks untuk berbagai komponen pengetahuan. Dengan adanya pembelajaran di sekolah ini memberikan wawasan bagi siswa tentang bagaimana mereka dapat berinterkasi dengan teman sebaya maupun orang yang lebih tua.

Di SDN 5 Jatibanteng, kegiatan belajar mengajar untuk Pendidikan formal dilakukan setiap hari Senin sampai hari Sabtu mulai dari pukul 07.00 sampai 10.30 untuk kelas rendah, dan 12.00 untuk kelas tinggi. Khusus untuk hari Senin, pukul 07.00 dimulai dengan upacara bendera, baru dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar oleh guru kelas masing-masing, dan atau guru maple seperti guru PAI. Sedangkan hari Sabtu, dimulai dengan olahraga Bersama terlebih dahulu baru dilanjutkan kegiatan belajar mengajar.

Serta perlu diketahui, sangat penting bagi guru untuk membuat kelas tetap menarik bagi siswa. Hal ini bertujuan agar siswa dapat menyerap dan menyimpan informasi yang guru sajikan secara maksimal. Sebagai guru, rencana pembelajaran yang akan dibawakan harus sudah sempurna dan dirasa mampu menggaet fokus siswa.