Apel Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023

Setiap tanggal 2 Mei seluruh Warga Negara Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional. Penetapan tanggal 2 Mei sebagai HARDIKNAS itu sendiri dilaksanakan berdasarkan tanggal lahir Ki Hajar Dewantara, sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia. Hal ini ditetapkan sebagai penghargaan dan untuk mengenang jasa-jasa beliau untuk Pendidikan di Indonesia. Oleh sebab itu, sejarah peringatan HARDIKNAS tidak bisa lepas dari sosok dan perjuangan sang pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda.

Sesuai dengan himbauan dari Surat Edaran Mendikbudristek tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023, bahwa untuk memperingati hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2023, SDN 5 Jatibanteng melaksanakan Apel peringatan HARDIKNAS. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh siswa siswi dan para guru serta staf SDN 5 Jatibanteng pukul 07.00 WIB. Selain bertujuan untuk memperingati HARDIKNAS, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme kepada para siswa siswi sehingga rasa untuk semangat belajar sampai mencapai cita-cita agar terwujud.

Dikutip dari akun Instagram Presiden Joko Widodo, Pendidikan adalah tanggung jawab bersama yang melibatkan keluarga, sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Bertemakan "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar", tahun ini pada bulan Mei 2023 dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar. Hal tersebut tertuang dalam Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Sehingga memiliki tujuan yang dijabarkan oleh Mendikbudristek pada Naskah Pidato Hardiknas 2023 Mendikbudristek, yakni meneruskan perwujudan Merdeka Belajar (yang sejalan dengan Kurikulum Merdeka), Mendidik Pelajar Pnacasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.