Baca Al Qur’an di hari Jumat yang Berkah

Pada pukul 07.00 ketika bel berbunyi, seluruh siswa yang notabene beragama Islam, berkumpul di Ruang Kelas Praktek Agama untuk melaksanakan kegiatan baca Al Qur’an bersama-sama. Dalam membaca Al Qur’an didampingi oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Bapak Syamsul Arifin, S.Pd.I. Beliau bertugas untuk memandu dan mengontrol jalannya kegiatan Baca Al Qur’an agar berjalan dengan lancar. Para peserta didik sangat antusias dan semangat dalam mengukti kegiatan ini.

Tujuan kegiatan tadarus adalah untuk membiasakan peserta didik membaca al Quran setiap hari Jumat meskipun hanya beberapa ayat namun berkelanjutan. Selain itu juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Harapan sekolah dengan kegiatan tadarus ini, peserta didik semakin kuat iman dan taqwanya juga dapat khatam al Quran sampai juz 30. Apalagi kegiatan ini dilaksanakan di hari Jumat yang penuh dengan keberkahan.

Keutamaan membaca al Qur’an menurut Syekhul Islam Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf An-Nawawi dalam kitabnya, Riyaadhus-Shaalihiin, membuat bab khusus tentang Keutamaan Membaca Al-Qur'an, di antaranya:

  1. Al-Qur’an akan menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat untuk para pembacanya.
  2. orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an merupakan sebaik-baik manusia.
  3. untuk orang-orang yang mahir membaca Al-Qur’an, maka kelak ia akan bersama para malaikat-Nya;
  4. untuk mereka yang belum lancar dalam membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an, tidak boleh bersedih, sebab Allah tetap berikan dua pahala.
  5. Al-Qur’an dapat meningkatkan derajat kita di mata Allah.