Gladi Bersih Asesmen Nasional SDN 5 Jatibanteng

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. ANBK dilaksanakan dengan tiga instrumen meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) para siswa.

Peserta ANBK adalah siswa satuan pendidikan yang terdaftar dalam Dapodik atau EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid pada periode waktu pelaksanaan AN sesuai dengan jadwal. Adapun jadwal pelaksanaan ANBK antara satu jenjang pendidikan dengan jenjang pendidikan yang lain berbeda. Tujuan pelaksanaan ANBK adalah memberi gambaran kualitas pendidikan di Indonesia dan memastikan bahwa siswa telah mencapai standar kompetensi yang ditetapkan. Hasil asesmen nasional ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan.

Pada kali ini untuk SDN 5 Jatibanteng untuk jadwal Gladi Bersih ANBK 2023, tepat hari Senin-Selasa tanggal 16-17 Oktober 2023 sesi 3 yaitu dimulai pukul 13.00, yang bertempat di SDN 2 Jatibanteng. Didampingi dengan Proktor dan Teknisi dari Sekolah, para siswa dapat menyelesaikan ANBK dengan baik.