Melalui Kegiatan Kerja Bakti Lingkungan, Menciptakan Lingkungan yang Bersih, Sehat dan Indah di SDN 5 Jatibanteng

Kerja bakti secara harfiah merupakan kerja secara gotong royong untuk kepentingan bersama. Aktivitas ini umumnya dilakukan di lingkungan sekitar rumah, perkantoran, atau sekolah. Selain untuk menjaga kebersihan, kegiatan kerja sama dalam membersihkan lingkungan ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kehidupan sosial. Biasanya, kerja bakti dilakukan berdasarkan kerja sama antar warga di lingkungan tertentu untuk mencapai kenyamanan dengan cara membersihkan atau memperbaiki fasilitas umum untuk bersama.

Kualitas pendidikan tidak hanya ditentukan oleh proses pengajaran saja , namun juga dipengaruhi oleh faktor kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah. Kondisi lingkungan sekolah akan sangat mempengaruhi  perkembangan fisik peserta didik dan hal ini merupakan salah satu pembentukan karakter peserta didik dalam mencintai lingkungan. Siswa yang sehat secara fisik tentu akan lebih mampu untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga berdampak positif pada prestasi akademik dan karakter peseta didik dalam mencintai lingkungannya dapat terwujud dengan baik. Agar tercipta lingkungan sekolah yang bersih dan sehat perlu dilakukan penanganan khusus salah satunya yaitu bakti lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan kerja bakti adalah untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih dan menjaga kelestarian lingkungan. Hasil dari kegiatan ini, siswa bisa merasakan langsung manfaatnya yaitu lingkungan sekolah menjadi lebih indah dipandang, sehat dan bersih. Selain itu, siswa bisa terhindar dari wabah penyakit, dan juga siswa menjadi lebih akrab dengan para guru dan semua siswa yang ada disekolah.

Kegiatan kerja bakti di lingkungan sekolah membuat hubungan murid dan guru semakin harmonis, sebab menciptakan kerukunan satu sama lain. Bergotong royong dapat membuat kegiatan belajar mengajar jadi lebih efektif. Selain itu, kegiatan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah ini sudah pasti sangat bermanfaat untuk melatih siswa-siswi tentang kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar, terutama untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Lingkungan yang terjaga kebersihannya juga dapat menumbuhkan rasa empati, tanggung jawab, dan kreativitas dalam diri, terutama untuk para siswa siswi.

Seperti yang sedang dilakukan oleh para guru-guru dan siswa-siswi SDN 5 Jatibanteng, pada hari Sabtu tanggal 17 Juni 2023. Untuk menyambut tahun ajaran baru, SDN 5 Jatibanteng kerja bakti dan gotong royong membersihkan serta memperindah sekolah. Namun selain menyambut hal-hal tertentu, SDN 5 Jatibanteng juga rutin mengadakan kerja bakti sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Banyak sekali manfaat kerja bakti untuk lingkungan terutama lingkungan sekolah. Harapan untuk kegiatan ini agar menjadi pembiasaan diri bagi setiap warga sekolah khususnya SDN 5 Jatibanteng supaya kemudian dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Sebab, “Kebersihan itu Sebagian dari Iman”.