Pelatihan Baris Berbaris dapat Menumbuhkan Individu yang Berkarakter

Kegiatan Pelatihan Baris Berbaris atau sering disebut PBB, adalah suatu kegiatan yang sudah tidak lazim ada di dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan baris berbaris merupakan skill yang harus dimiliki oleh setiap orang dan merupakan materi dasar dalam setiap pendidikan, kegiatan baris berbaris mulai dapat diajarkan dari sejak TK sampai dengan Perguruan Tinggi bahkan sampai dunia kerja. Oleh karena itu, melalui kegiatan baris berbaris diajarkan disiplin, kerja keras, kekompakan dan pantang menyerah. Tujuan dari PBB adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tidak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Menumbuhkan sikap jasmani yaitu mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna. Rasa persatuan merupakan rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas. Serta disiplin sendiri adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keihklasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri. Mengingat hal tersebut maka pentinglah kegiatan baris berbaris ini diajarkan kepada siswa SDN 5 Jatibanteng untuk membentuk kepribadian yang kuat, disiplin, dan semangat pantang menyerah.

Kegiatan baris berbaris sendiri banyak digunakan pada kegiatan Apel/Upacara setiap Senin Pagi di sekolah atau kegiatan perlombaan gerak jalan/pawai perayaan 17 Agustus. Pada kali ini, latihan tersebut mempersiapkan siswa SDN 5 Jatibanteng untuk menghadapi event perlombaan baris berbaris untuk memperingati HUT RI 17 Agustus 2023 mendatang.

Kegiatan ini diawali dengan perkenalan pentingnya kegiatan baris berbaris bagi siswa, kemudian para guru mengarahkan siswa sebagai peserta pasukan baris menuju lapangan upacara untuk memulai kegiatan latihan baris berbaris. Selanjutnya para guru mengajarkan teknik dasar latihan baris berbaris seperti posisi siap sempurna, posisi hadap kiri, hadap kanan, balik kanan, lencang depan, setengah lengan lencang kanan, jalan ditempat serta kaidah kaidah baris berbaris lainnya. Para guru yang melatih baris memberikan contoh secara langsung dihadapan peserta pasukan baris, selain itu juga memberikan formasi berbaris yang benar, cara meluruskan barisan dengan satu aba aba saja, meluruskan barisan dengan posisi jalan di tempat, dan yang lainnya. Kegiatan ini diikuti oleh 12 siswa SDN 5 Jatibanteng, setiap pagi setelah apel pagi. Bagi peserta yang melakukan kesalahan akan mengakibatkan hukuman kecil bagi peserta lainnya, misalkan berbaris sambil menyanyikan lagu Nasional atau menyebutkan Pancasila secara individu, Hal ini dilakukan untuk membentuk rasa kekompakan, fokus dalam berlatih serta disiplin.