Sabtu Sehat Bersama SDN 5 Jatibanteng

Penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan) merupakan salah satu pelajaran yang melibatkan aktivitas fisik untuk para siswa. Salah satu kegiatan fisik yang mudah untuk dilakukan oleh siswa sekolah dasar adalah berjalan kaki dan senam sehat. Kegiatan berjalan kaki bersama atau biasa disebut dengan gerak jalan merupakan salah satu olahraga yang berguna untuk melatih otot-otot kaki.

Pada hari Sabtu pagi yang cerah tanggal 4 November 2023, SDN 5 Jatibanteng melakukan kegiatan Sabtu Sehat yakni Jalan Sehat Bersama. Sabtu sehat di SDN 5 Jatibanteng ini sering dilakukan setiap minggunya dengan diisi kegiatan senam sehat atau jalan sehat. Kegiatan ini juga melibatkan semua guru dan seluruh murid untuk mengikuti jalan sehat mulai dari sekolah sampai ke tempat tujuan yang akan dituju. Kali ini tempat tujuan dari Jalan Sehat yakni di Dam Gua  (Bendungan Nogosromo), dengan jarak tempuh dari SDN 5 Jatibanteng kurang lebih 1 km (16 menit waktu jalan kaki). Jalan sehat ini dimulai pada pukul 07.30 para murid berkumpul di lapangan SDN 5 Jatibanteng. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh guru SDN 5 Jatibanteng.

Rute jalan sehat siswa dan siswi SDN 5 Jatibanteng dimulai dari lapang sekolah menuju ke luar gerbang sekolah ke arah lapangan voli Mandala Dauh lalu ke arah Kesambi, Blimbing, Besuki. Murid dan guru melewati pesawahan, pohon bambu dan melewati sungai pada saat jalan sehat. Dalam mengikuti kegiatan tersebut, nampak seluruh siswa bergembira dan sangat bersemangat. 

Selain bermanfaat untuk kesehatan para siswa, Jalan sehat ini merupakan komitmen untuk mempererat rasa kebersamaan murid SDN 5 Jatibanteng dengan berkumpul dan berkegiatan bersama. Selain itu juga dapat bersilaturahmi dengan masyarakat serta menikmati pemandangan alam disekitar, para siswa juga belajar mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Karena jika membuang sampah sembarangan akan menyebabkan  banjir. Dan pada kesempatan jalan sehat hari ini juga dalam menyambut guru baru yaitu Bapak Abdur, S.Pd yang baru masuk ke SDN 5 Jatibanteng pada hari Rabu tanggal 1 November 2023.

Selesai jalan sehat dilakukan, siswa-siswi kembali ke sekolah dan diberi waktu untuk istirahat. Kemudian setelah itu, baru akan dimulai pembelajaran di kelas seperti biasa.